Selasa, 26 Juni 2012

Tips Membuat Budget Liburan



Membuat budget untuk perjalanan, sebelum dimulainya perjalanan dilakukan merupakan ide yg bagus, sehingga kita dapat mengetahui berapa banyak yang akan kita butuhkan didalam perjalan tersebut. Membuat rencana biaya perjalan tidak hanya memperhitungkan untuk transportasi, hotel, tetapi juga harus memperhitungkan detail-detail lainnya seperti biaya makan, harga tiket masuk tempat wisata, biaya hiburan, dll.

Berikut adalah cara untuk membuat budget perjalanan :

* Buatlah keputusan tentang budget. Putuskan berapa banyak dana yang akan keluarkan didalam perjalan tersebut, dan seberapa flexible kita akan mengeluarkan tambahan dana, hal ini diperlukan bila terjadi hal-hal emergencies.

* Bagilah budget yang telah kita buat menjadi 4 kategori, yaitu hotel, hiburan, transportasi dan makanan, karena menurut penelitian keempat kategori ini adalah yang paling penting didalam perjalanan.

* Buat jadwal yang flexible, sehingga kita dapat membooking penerbangan serta hotel yang murah. Biasanya penerbangan murah merupakan penerbangan pertama dan terakhir.

* Buatlah daftar tempat serta atraksi yang ingin dilihat dan didatangi. Cari infonya lewat internet, sehingga kita dapat mengetahui harga tiketnya dan memasukkannya dalam budget kita. Dan ada kemungkinan dengan melakukan riset internet ini kita bisa mendapatkan kupon diskon. * Jangan lupa tambahkan budget untuk membeli souvenir, hadiah ataupun oleh-oleh untuk teman-teman dan saudara kita.

* Buatlah biaya yang flexible, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di dalam perjalanan tersebut. Tetapi dengan membuat budget biaya perjalanan tersebut dapat membuat kita lebih nyaman.

* Oh ya bila didalam perjalanan tersebut, diperlukan untuk membeli koper baru, menggaji penjaga rumah atau apapun yang sehubungan dengan kepergian kita, maka biaya nya haruslah dimasukkan ke dalam budget yang kita buat.

Luky Handayani
PLAN YOUR FINANCIAL
Independent Financial Planner
0856 859 3383

www.PlanYourFinancial.com
www.PlanYourFinancial.wordpress. com

Tidak ada komentar: