Rabu, 30 Mei 2012

Indocharity Scholarship Project

Berbagi itu indah. Memberi kepada mereka yang kurang beruntung dan kekurangan, memberi perhatian dan kasih sayang, dan membuat mereka tahu kalau mereka tidak sendiri.

TENTANG INDOCHARITY

Dengan dasar itulah Indocharity (ICHI) dibentuk dan didirikan kurang lebih 1,5 tahun lalu. ICHI adalah organisasi sosial terbuka dan non formal, yang menargetkan Anak-anak kurang mampu, Yatim piatu, Kaum pemulung, dan lain-lain. Pada dasarnya ICHI suka sekali membantu mereka yang memang kurang beruntung dan kekurangan.

Agenda rutin ICHI adalah kegiatan sosial kecil-kecilan yang diadakan minimal sekali dalam dua bulan. Disetiap kegiatannya, sasaran dan temanya berbeda. Diantaranya mengajak anak-anak yatim piatu ke Ragunan, Memberikan donasi pakaian layak pakai, Bermain Futsal bersama anak jalanan, maupun perayaan ulang tahun bersama anak-anak pemulung.

Anggota ICHI di group Facebook kini lebih dari 200 orang. Tidak sedikit yang berperan sangat aktif dalam setiap kegiatan ICHI. Dan pada setiap kegiatan, anggota baru seringkali bergabung, karena memang organisasi ini terbuka untuk siapa saja, syaratnya hanyu satu : senang membantu ^_^ .

INDOCHARITY SCHOLARSHIP PROJECT (ISP)

Selain agenda rutin kegiatan sosial setiap dwi-bulanan, ICHI juga menginisiasikan project beasiswa bagi anak-anak kurang mampu. Project yang sudah dimulai sejak awal tahun 2012 ini sudah memiliki 22 donatur, dan membiayai uang sekolah (SPP selama setahun) dan keperluan sekolah lainnya bagi 9 anak kurang mampu dan yatim piatu. ISP memilih anak dari tempat-tempat yang selama ini pernah dibantu. Syarat bagi anak yang ingin dibantu adalah : siswa SMK, dan bersemangat sekolah. Kenapa SMK ? karena bagi kami, SMK memiliki iuran yang lebih mahal dibanding SMA, dan SMK adalah tahap terakhir sebelum nantinya mereka bisa bekerja dan mandiri.

BAGAIMANA ISP BEKERJA?

setiap donatur akan menyebutkan berapa bulan SPP yang mereka akan bantu, dan kemudian ICHI akan memasangkan si donatur kepada satu (atau lebih) anak yang dibantu, bersama dengan donatur lain sehingga mencukupi 12 bulan SPP (1 tahun = 12 bulan). Misalnya, Emira membantu 3 bulan SPP. Lalu Jaka 5 bulan SPP, dan Chika 4 bulan SPP. Maka mereka bertiga akan dimasukkan dalam grup yang bertanggung jawab melunasi SPP satu anak, misalnya Doni (kelas 2 SMK, bekasi). Donasi bisa dicicil selama jumlah bulan yang didonasikan, misalnya Emira bisa mencicil donasi selama 3 bulan karena jumlah donasi SPP nya adalah 3 bulan. Dan donasi (pembayaran SPP) bisa melalui ICHI (rekening BCA bendahara ICHI) maupun bisa dibayarkan langsung ke sekolah si anak.

Diluar pembiayaan SPP rutin, ISP juga membiayai keperluan pendidikan lain, seperti uang gedung, uang ujian, uang praktek, dan lain-lain. Hal ini karena ICHI ingin agar si anak (ataupun orangtua si anak) tidak perlu memikirikan biaya lagi, dan fokus belajar. Adapun pengeluaran NONRUTIN ini akan dibantu secara sukarela oleh setiap donatur. ICHI akan menyebutkan jumlah total, dan para donatur bebas berdonasi sebisanya.

Apa bantuan hanya berbentuk uang ? tentu tidak. Malah ICHI sebenarnya lebih suka membantu NON-MATERI. ICHI lewat ISP-nya juga menganjurkan setiap donatur untuk mengunjungi anak yang mereka bantu, menuntun belajar, mengajak makan, dan lain-lain yang bisa memberikan semangat lebih besar agar mereka belajar. Dalam sisi lain, ICHI juga akan rutin mengadakan kegiatan bersama donatur-anak yang dibantu, agar keakraban dan hubungan jadi lebih dekat lagi.

INGIN BERGABUNG?

kirimkan data diri sekarang (nama lengkap, email, nomor hp, jumlah bulan donasi) ke pengurus ICHI : Satu Cahaya Langit di satucahaya.langit@gmail.com dan di CC ke indocharity.org@gmail.com , nantinya ICHI akan menghubungi dan bantuan bisa langsung disalurkan.

Salam hormat,

Satu Cahaya Langit
pengurus Indocharity
www.indocharity.org
@indocharity
indocharity.org@gmail.com
0857 1863 0055

Tidak ada komentar: